Tesis

Gangguan Kognitif pada Anak Hiperplasia Adrenal Kongenital dengan Masalah Perilaku = Cognitive Impairment in Children with Congenital Adrenal Hyperplasia Having Behavioural Problems.

Latar Belakang: Hiperplasia adrenal kongenital (HAK) paling banyak disebabkan oleh defisiensi enzim 21-hidroksilase. Pajanan kortisol yang rendah dan androgen yang berlebihan pada masa prenatal dan/atau postnatal serta glukokortikoid berlebihan akibat terapi menyebabkan komplikasi medis dan psikososial. Anak HAK dapat mengalami masalah perilaku dan gangguan kognitif akibat penyakit atau terapi yang diberikan. Kondisi undertreatment dan overtreatment dapat memengaruhi perilaku dan kognitif. Identifikasi dini terhadap risiko masalah perilaku dan gangguan fungsi kognitif penting untuk intervensi klinis dan psikoedukasi terhadap anak. Tujuan: Mengetahui prevalens masalah perilaku dan gambaran fungsi kognitif anak HAK serta mengetahui risiko relatif terjadinya gangguan kognitif pada anak HAK yang memiliki masalah perilaku. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif-analitik dengan metode potong lintang, dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada Januari – Maret 2017. Pemeriksaan masalah perilaku menggunakan instrumen strengths and difficulties questionnaire (SDQ), sedangkan pemeriksaan fungsi kognitif menggunakan instrumen the Wechsler Abbreviated Scale of Intelligence Scale (WAIS) untuk anak. Subyek pada penelitian ini adalah pasien HAK usia 4 – 18 tahun. Analisis statistik dilakukan untuk mencari hubungan serta risiko relatif gangguan kognitif dengan masalah perilaku. Hasil: Penelitian dilakukan terhadap 20 subyek. Prevalens masalah perilaku sebesar 80% (16/20), dengan masalah terbanyak adalah masalah emosional (40%). Rerata IQ full scale adalah 96,5 (20). Terdapat 40% subyek dengan full scale IQ di bawah normal. Perbedaan bermakna secara statistik didapatkan antara rerata IQ full scale dengan hiperaktivitas (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dessy Gloria - Nama Orang
Mulyadi M. Djer - Nama Orang
Bambang Tridjaja - Nama Orang

No. Panggil
T17344fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 54 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17344fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17344FKT17344fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gangguan Kognitif pada Anak Hiperplasia Adrenal Kongenital dengan Masalah Perilaku = Cognitive Impairment in Children with Congenital Adrenal Hyperplasia Having Behavioural Problems.

Related Collection